PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI PPK PT. SAMPOERNA PANDAAN

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan di PPK Sampoerna yang dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juni 2016 merupakan kelanjutan dari kegiatan Ipteks Bagi Kewirausahaan (Ibk) Di Universitas Katolik Widya Karya Malang yang didanai dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat – Dikti Tahun Anggaran 2016.

16 junKegiatan tersebut diikuti oleh 26 mahasiswa Unika Widya Karya Malang yang proposal bisnisnya telah lolos seleksi Tahap I.
Materi pelatihan tersebut antara lain:
I. Pengenalan tentang PPK Sampoerna oleh Pak Andy dan Pak Rizky dari PPK Sampoerna, meliputi program-program pelatihan dan pembinaan serta fasilitas yang disediakan oleh PPK Sampoerna.
II. Materi I: Pengolahan Aneka Olahan Ayam (Nugget, Sosis), narasumber Bapak Rizky Utomo dari PPK Sampoerna. Dalam kesempatan ini, mahasiswa peserta diberikan wawasan dan praktik langsung pengolahan daging ayam menjadi nugget dan sosis yang meliputi bahan, peralatan dan mesin, proses pengolahan, pengemasan, sampai proses pemasaran.
III. Materi II: Manajemen Keuangan dengan narasumber Bapak Joko Waryono dari PPK Sampoerna. Di materi ini, narasumber menyampaikan teori pembukuan dan perhitungan biaya dalam proses bisnis serta melakukan simulasi perhitungan dan klasifikasi biaya bersama mahasiswa sehingga mahasiswa lebih paham untuk membuat perhitungan harga jual dan keuntungan yang diperoleh.
IV. Pengenalan Lingkungan dan Fasilitas PPK Sampoerna. Mahasiswa ditunjukkan fasilitas-fasilitas yang ada di lingkungan PPK Sampoerna.

Kegiatan pelatihan ini disambut dengan antusias dan positif dari peserta. Mahasiswa mendapatkan manfaat berupa praktik langsung dalam proses produksi dan cara-cara mengelola keuangan dari bisnis yang dijalankan. Mereka mengharapkan agar kegiatan serupa di PPK Sampoerna dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.