PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BE SMART AND WISE ENTEPRENEURS

27 meiKegiatan Pelatihan Kewirausahaan dengan tema Be Smart And Wise Enterpeneurs yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Jumat-Sabtu, 27-28 Mei 2016 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Ipteks Bagi Kewirausahaan (Ibk) Di Universitas Katolik Widya Karya Malang didanai dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Dikti Tahun Anggaran 2016. Pelatihan tersebut diikuti oleh 130 mahasiswa terpilih dari semua Jurusan dan dihadiri oleh Rektor dan jajaran pimpian di Unika Widya Karya Malang. Dalam sambutannya, Rektor menekankan pada beberapa hal antara lain:

  • Pemerintah mengharapkan agar dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, mahasiswa tidak hanya diberi ilmu untuk dikuasai, tetapi harus dipraktikan
  • Hibah IbK merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pemerintah untuk membantu Perguruan Tinggi mewujudkan wirausahawan baru yang siap terjun dalam bisnis dengan beretika dan berintegritas
  • IbK harus menjadi program yang berkelanjutan di Unika Widya Karya dengan kegiatan-kegiatan kolaboratif yang melibatkan semua Fakultas.

Materi yang diberikan selama dua hari tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa, terutama untuk memotivasi dan memberikan bekal teori yang berguna untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa. Materi pelatihan diberikan oleh narasumber-narasumber yang sangat berkualifikasi di bidangnya, antara lain:27 mei 1
Pada hari I
Materi I: “ Berani Bermimpi itu Keren” (Membangun Softskills dalam Berwirausaha) oleh Dr. Agustinus Indradi, M.Pd yang memotivasi mahasiswa untuk berani bermimpi menjadi wirausaha dan berusaha mewujudkan mimpi tersebut dengan kiat-kiat dan cara yang kreatif, aktif dan terukur.
Materi II: “Etika Berbisnis dan Strategi Memulai Usaha” oleh Ir. Joseph Hadi, MBA (Manajer Miami Fried Chicken) yang menjelaskan tentang prinsip-prinsip yang harus dilaksanakan oleh wirausaha dalam menjalanan bisnisnya serta cara-cara yang harus dilakukan untuK memulai sebuah bisnis.
Hari Ke II
Materi III: “Strategi Menyusun Business Plan” oleh Dra. Anni Yudiastuti, M.P (Dosen Kewirausahaan Unika Widya Karya Malang), menjelaskan tentang langkah-langkah menyusun sebuah rencana bisnis dan menganalisa kelayakannya.
27 mei 2Materi IV: “Penyusunan Laporan Keuangan” oleh Dra. M.A.F. Suprapti, M.M. (Dosen Akuntansi Unika Widya Karya Malang), yang menjelaskan mengenai proses dan langkah membuat pembukuan sederhana dan menghitung kebutuhan modal kerja, penerimaan dan pengeluaran dalam proses bisnis.

Dari pelatihan tersebut, mahasiswa peserta diharapkan membuat proposal bisnis yang akan dikompetisikan di tingkat Universitas untuk diambil 25 orang yang akan mengikuti pelatihan praktik kewirausahaan di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna, Pandaan.