Asawika Volume I – 2017 R. Diah Imaningrum Susanti

PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MUSIK KATOLIK INDONESIA DI BIDANG HAK CIPTA

 

  1. Diah Imaningrum Susanti 1), Rini Susrijani 2)

1 Fakultas Hukum, Universitas Katolik Widya Karya Malang

email: ella@widyakarya.ac.id

2 Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Widya Karya Malang

email: rini_susrijani@widyakarya.ac.id

 

ABSTRAK

       Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman tentang UU No. 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta (UUHC) kepada Komunitas Musik Katolik Indonesia (KMKI) Malang.  Target khusus yang akan dicapai adalah: 1) dipahaminya hak dan kewajiban yang dimiliki pencipta atas lagu, musik (aransemen), dan penampil (performer) menurut UUHC ; 2) Dimampukannya KMKI untuk memiliki posisi tawar dalam perjanjian hak cipta dengan perusahaan rekaman/label karena telah dipahaminya hak dan kewajibannya. 

       Metode yang  digunakan adalah penyuluhan  tentang UUHC dan pemberdayaan komunitas di bidang hak cipta.  Kegiatan dilakukan dalam waktu 6 bulan dengan tahapan sebagai berikut: 1) pembuatan modul/panduan yang sudah dikonsultasikan dengan pakar di bidang hukum perjanjian dan hukum hak cipta;  2) Pra- penyuluhan (pre-test) berupa edaran kuesioner yang harus diisi oleh staff Komunitas  tentang pengetahuan awal mereka tentang hak cipta atas musik dan lagu; 3) Penyuluhan tentang hak cipta atas musik dan lagu; 4) Pemberdayaan dalam membuat perjanjian dengan perusahaan rekaman atau para pihak terkait dengan pemanfaatan hak ekonomi pencipta lagu, pemusik, dan penampil.  5) Perbaikan modul setelah ada masukan dari pencipta dan pemegang hak cipta. 6) Pencetakan dan perbanyakan modul. 

       Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta berpartisipasi dalam penyuluhan dan diskusi serta tanya jawab. Mereka merasakan manfaat penyuluhan ini  dimana hal ini diketahui dari kuesioner post test yang diisi. Diharapkan ada tindak lanjut tindak lanjut penyuluhan yang diberikan pada kelompok yang lebih besar.

 

Kata kunci: Hak Cipta, Komunitas Musik Katolik Indonesia, Penyuluhan Hak Cipta.

dokumen dapat diunduh dibawah ini

Universitas Katolik Widya Karya Asawika 2017 Diah.pdf