Asawika Volume I – 2017 Agustinus Indradi

PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH KATOLIK DI KEC. DONOMULYO

Agustinus Indradi dan Andy Endra Krisna

Program D III Manajemen Perkantoran, FE, Unika Widya Karya Malang

e-mail: agusukwk@gmail.com

Program D III Manajemen Perkantoran, FE, Unika Widya Karya Malang

e-mail: krisna@widyakarya.ac.id

RINGKASAN

 

        Dari hasil observasi awal pada kelompok sasaran, yaitu sekolah-sekolah Katolik di Kecamatan Donomulyo (TK-SMP) ada 4 sekolah yang memiliki 41 guru. Mereka rata-rata merupakan guru yayasan dari Yayasan Karmel yang kantor pusatnya berada di Malang. Sebagian besar dari guru-guru tersebut dalam mengajar masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional.

        Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan bagi peningkatan kompetensi pedagogik para guru di sekolah-sekolah Katolik di Kecamatan Donomulyo. Adapun metode yang digunakan adalah perpaduan antara demonstrasi (peragaan hipnosis oleh kedua pemateri), ceramah tentang hipnosis dan pemanfaatannya dalam pembelajaran, tanya-jawab, diskusi dan praktik oleh para guru dalam memberikan kata-kata yang sugestif kepada siswa. Setelah proses pelatihan berakhir dilakukan penyebaran angket untuk mendapat informasi balikan  dari peserta pelatihan. Sebagian besar peserta menyatakan mendapatkan hal yang baru dan metode yang digunakan sangat variatif dan menyenangkan. Oleh karena itu, peserta memberi saran agar kegiatan serupa rutin bisa diadakan.

       

Kata kunci: hipnosis, hypnoteaching, metode pembelajaran

Dokumen dapat diunduh dibawah ini

Universitas Katolik Widya Karya Asawika 2017 Agustinus.pdf