Asawika Volume I – 2016 Lianita Febrihani

PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA FLIPBOOK

Lianita Febrihani, S.Kom., M.T. 1

Dosen Fakultas Teknik Jurusan D3 Manajemen Informatika Universitas Katolik Widya Karya

1lianita@widyakarya.ac.id

ABSTRAK

Dewasa ini, kemajuan teknologi sangat pesat, pada bidang pendidikan pun dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Dalam penggunaan media pembelajaran sekarang ini sudah menggunakan teknologi komputer. Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian materi kepada siswa atau peserta didik. Dalam pengembangan model pembelajaran interaktif, dibutuhkan media pembelajaran interaktif sebagai penunjang. Media pembelajaran dikatakan interaktif apabila menciptakan suasana belajar yang interaktif dan edukatif.

Berdasarkan kebutuhan dunia pendidikan, maka pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan program flipbook maker. Flipbook merupakan program berbasis multimedia yang dapat berisi tekt, audio, video. Program flipbook dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Pelatihan media pembelajaran flipbook dilaksanakan di SMAK Yos Sudarso Kota Batu. Pelatihan diikuti oleh semua guru mata pelajaran dan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) pertemuan. Dalam pelaksanaannya menggunakan metode ceramah dan praktik mandiri dalam bimbingan. Pelatihan ini dapat dikatakan mencapai target luaran apabila peserta pelatihan dapat memahami dan membuat materi pembelajaran dengan menggunakan flipbook.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Media, Flipbook

Halaman 14 – 18

universitas katolik asawika 2016.pdf