Asawika Volume I – 2016 Handini

Pelatihan Pengolahan Minuman Jaselang dan Pengemasan Produk Pada PKK RW 05 Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang

Handini 1),   Sri Susilowati 2)

1)DosenJurusan Teknologi Hasil Pertanian- Fakultas Pertanian – Universitas Katolik Widya Karya

E-mail: handini@widyakarya.ac.id

2) DosenJurusan Teknologi Hasil Pertanian- Fakultas Pertanian – Universitas Katolik Widya Karya

E-mail: sr_susilowati@widyakarya.ac.id

 

 

 ABSTRAKSI

Minuman Jaselang merupakan minuman yang dibuat dari jahe, secang dan alang- alang. Minuman ini sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu, terutama di pulau Jawa. Khasiat dari minuman Jaselang adalah mengobati perut kembung, menghangatkan badan, melegakan tenggorokan dan mengobati panas dalam karena adanya alang alang. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan tentang pembuatan minuman jaselang dan penyuluhan  mengenai pengemasan yang aman untuk produk pangan (foodgrade).  Peralatan yang digunakan cukup sederhana,  dan mudah dilakukan. Proses pembuatan jaselang meliputi penimbangan bahan, pencucian, pemasakan selama 30 menit, penyaringan,  penambahan gula, pemasakan kembali dan pengemasan.

Bersama ibu-ibu PKK di RW 05 Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang  dengan alasan wilayah ini yang paling dekat dengan Unika Widya Karya sehingga sangat potensial untuk menerapkan hasil penelitian pengolahan pangan kepada masyarakat sekitar. Selain itu pengabdian ini berguna untuk meningkatkan wawasan, ketrampilan dan pemahaman anggota kader PKK dalam pembuatan minuman jaselang dan pengemasan yang sesuai untuk bahan pangan.

Luaran dari pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat adalah:

  1. Mitra telah dapat membuat minuman Jaselang di rumah masing-masing sehingga dapat menyediakan minuman olahan di tingkat rumah tangga.
  2. Peningkatan pengetahuan terkait kemasan pangan/pembungkusan produk pangan (foodgrade) sehingga dapat memilih produk pangan kemasan yang aman untuk produk pangan.

Kata kunci : Jaselang, Kemasan,  Produk Pangan, foodgrade

Halaman 48 – 58

universitas katolik asawika 2016.pdf