Asawika Volume I – 2016 Cornelius Niwadolo

MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT MELALU KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN TENTANG USAHA DI DESA SITIARJO KABUPATEN MALANG


Cornelius Niwadolo1), Jovita Vicka Bayu Wardhani2)
1) Dosen Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unika Widya Karya Malang
e-mail: cornel_heroes@widyakarya.ac.id
2) Dosen Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unika Widya Karya Malang
e-mail: vicka@widyakarya.ac.id


ABSTRAK


   Integrasi negara-negara anggota ASEAN dalam bentuk AEC (Asean Economic Community) pada 2015 menuntut Indonesia menjadi negara yang produktif dan mandiri. Melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN), pemerintah berharap rasio kewirausahaan di Indonesia dapat semakin meningkat. Pencapaian tersebut tentu tidak dapat dilakukan pemerintah sendiri, peran aktif para akademisi sebagai pendukung secara keilmuan, serta masyarakat sebagai pelaku perekonomian itu sendiri sangatlah dibutuhkan.
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Membangun Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Melalui Ketrampilan Dan Pengetahuan Tentang Usaha” merupakan salah satu wujud nyata para akademisi Universitas Katolik Widya Karya dalam mendukung program GKN. PKM diselenggarakan di Desa Sitiarjo Kabupaten Malang dengan alasan, (1) pertumbuhan kewirausahaan selama ini lebih banyak/terkonsentrasi di perkotaan, sehingga perlu adanya pemerataan wawasan kewirausahaan di pedesaan; (2) Mata pencaharian masyarakat Desa Sitiarjo sebagian besar bergantung pada alam, dimana ketika kondisi alam tidak mendukung, mereka terpaksa menjadi pengangguran musiman. PKM yang telah diselenggarakan tanggal 25 Januari 2015 di balai desa Sitiarjo ini telah memberikan tambahan wawasan kepada masyarakat desa (ibu-ibu kader RW) terkait kewirausahaan dan strategi pemasaran produk, serta menambah ketrampilan mereka melalui pelatihan membuat pernak-pernik dan sulam pita. Ke depan, dengan adanya tambahan wawasan dan ketrampilan tersebut, masyarakat tidak lagi menjadi pengangguran dan perekonomian masyarakat desa dapat terus meningkat.


Kata Kunci : Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, Kemakmuran

Halaman 26 – 32

universitas katolik asawika 2016.pdf