Asawika Volume 1 – 2016 Nereus Tugur Redationo

Pelatihan  Corel Draw untuk Meningkatkan Ketrampilan Pada Komunitas Muda-Mudi Peduli Anti Kesmiskinan (KOMPAK)  di Kota Malang

Nereus Tugur Redationo1, Danang Murdiyanto2, B. Cristanto P.M.3

1Dosen Jurusan Teknik Mesin UKWK Malang, tugur@widyakarya.ac.id

2Dosen Jurusan Teknik Mesin UKWK Malang, danang_t.mesin@widyakarya.ac.id

3Dosen Jurusan Teknik Mesin UKWK Malang, chris_beranrdo666@widyakarya.ac.id

ABSTRAK

Pendidikan adalah suatu proses untuk mengubah sikap dan tingkah laku seseorang maupun kelompok orang dengan tujuan untuk mendewasakan seseorang melalui usaha pengajaran dan pelatihan. Fungsi utama sebuah pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, kepribadian serta peradapan yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau dengan kata lain pendidikan berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang dijadikan landasannya. Proses mencapai tujuan pendidikan untuk menghasilkan manusia yang unggul baik secara pribadi maupun penguasaan ilmu pengetahuan tidak hanya tergantung tentang bagaiamana sistem pendidikan di jalankan oleh lingkungan pendidikan formal. Pendidikan di lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat juga sangat berpengaruh, karena waktu paling banyak dihabiskan di lingkungan ini.

Pengamatan awal pada kelompok sasaran yaitu anak asuh dari organisasi KOMPAK, menunjukkan bahwa banyak anak asuh yang masih menganggur dikarenakan kurangnya kemampuan ketrampilan yang dimiliki, serta berasal dari jurusan yang kurang memenuhi permintaan dunia kerja saat ini. Pelatihan dan pendampingan ketrampilan dilakukan dengan menggunakan metode diskusi, ceramah, dan pendampingan praktik langsung kepada mitra sasaran. Metode diskusi dan ceramah digunakan sebagai sarana untuk menjelaskan konsep dasar Corel Draw, sedangkan metode pendampingan praktik langsung digunakan sebagai sarana aplikasi perwujudan langsung dari hasil konsep gambar dan ide kreatif yang telah dibuat.

Pelatihan dan pendampingan Corel Draw diharapkan anak asuh KOMPAK mendapatkan tambahan pengetahuan dan ketrampilan serta meningkatkan kepercayaan diri.

Respon dari pengurus dan pembina begitu baik, dan ada harapan kerjasama ini dapat ditindak lanjuti kedepan. Peserta pelatihan secara aktif terlibat dalam setiap proses, baik pada saat pemberian materi dan praktik. Peran para pendamping mempunyai kontribusi yang penting dalam membantu pemahaman peserta pelatihan baik secara teori dan praktik diberikan.

 

 

Kata kunci : Pelatihan,  pendidikan, ketrampilan, anak asuh, CorelDRAW

Halaman 7 – 13

universitas katolik asawika 2016.pdf