Asawika Vol 04 No. 1 – Juni 2019 Andy Endra Krisna

PELATIHAN STRATEGI PENGUASAAN READING EFEKTIF
MENGHADAPI UNBK BAGI SISWA KELAS XII SMAK YOS SUDARSO KEPANJEN

1)Andy Endra Krisna, 2)Rini Susrijani

1) Dosen Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Unika Widya Karya Malang

e-mail: krisna@widyakarya.ac.id

2) Dosen Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Unika Widya Karya Malang

e-mail: rini_susrijani@widyakarya.ac.id

 

Abstrak

Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat pada siswa-siswi kelas XII SMA Katolik Yos Sudarso Kepanjen Kabupaten Malang bertujuan meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam materi reading dalam UNBK. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan metode bimbingan belajar dengan menggunakan modul reading yang dibuat beserta tips-tips praktis dalam mengerjakan dan cara menggunakannya. Kelompok sasaran adalah siswa-siswi kelas XII SMA Katolik Yos Sudarso Kepanjen, Malang, dan pihak guru sekolah terkait. Kelompok sasaran siswa-siswi berjumlah 55 orang dari kelas XII IPA dan IPS SMAK Yos Sudarso Kepanjen, Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah tahap persiapan meliputi diskusi dengan guru pengajar mengenai metode yang biasa dilakukan, penyusunan modul, dan tahap pelaksanaan berupa bimbingan belajar soal-soal reading. Hasil yang dicapai kegiatan ini adalah : a) tersusunnya Modul materi bimbingan belajar reading yang dirancang sebagai materi pendukung yang dapat digunakan oleh guru sekolah dalam pelajaran yang biasa; b) para siswa
memahami cara-cara mengerjakan soal-soal reading yang lebih efektif; c) para siswa mendapat motivasi tambahan dengan kegiatan bimbingan belajar ini sehingga lebih siap untuk menghadapi soal-soal reading dalam UNBK.
Kata kunci: Bimbingan Reading, Kelas 12, SMAK Yos Sudarso Kepanjen, UNBK

Abstract

This Community Service was conducted for the grade 12 students of Yos Sudarso Catholic High School in Kepanjen, Malang Regency, aiming to improve the students’ understanding and mastery of English reading material in the National Examination (UNBK). The community service activities are in the form of tutoring using a reading module containing practical tips on how to read and how to use the module. The target group comprised grade 12 students of Yos Sudarso Catholic High School, of Kepanjen, Malang, and their English teachers. The target group consisted of 55 students from the grade 12 Science and Social Sciences classes. The tutoring activities were in two stages: the first stage is the preparation stage, including discussion with the
English teacher about their usual methods and preparation of reading modules, and the second stage is tutoring on reading texts. The results of this community service are: a) compiling a reading module designed to be used by the school’s teachers in their regular classes; b) students understand how to solve reading problems more effectively;
c) students get additional motivation with these tutoring activities so that they will be better prepared for English
texts in UNBK.

Keywords: Reading Tutoring, Grade 12, Yos Sudarso High School of Kepanjen, UNBK

File dapat diunduh dengan tautan dibawah ini

https://drive.google.com/file/d/1-N9fMKMfmZt8u0lifRba3fcE7tDOB2YN/view